Tri Dharma Perguruan Tinggi “Pengabdian Masyarakat“ Desa Mungsengan Kintamani

Sabtu (14/05). Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Administrasi Niaga Politeknin Negeri Bali mengadakan Pembinaan Pelatihan Manajemen Mutu dan Pemasaran kepada produsen kopi di Desa Mungsengan Kintamani, Bangli.

Program ini sebagai salah satu pengimplemntasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Dharma Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembinaan dan pelatihan, peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 53 orang dosen Jurusan Administrasi Niaga dan 14 Produsen Kopi Desa Mungsengan Kintamani, Bangli.

Pemamparan materi pembinaan mengenai Pengembangan Produk Kopi Kintamani Sebagai Produk Unggulan Desa Catur Kintamani, yang disampaikan oleh Bapak Gede Sentanu, SE., MM selaku Tim Pengabdian Masyarakat. Dalam pemamparannya Bpk Sentanu mengatakan bahwa sasaran yang ingin dicapai dalam program ini adalah terciptanya desa catur asri, nyaman, indah dan bersih untuk dikunjungi serta menjadi area bagi masyarakat, tourist untuk mendapatkan produk kopi kintamani.

 “ Tujuan kegitan pengabidan masyarakat ini selain untuk melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus mesosialisasikan Jurusan Administrasi Niaga PNB “. Ujar tim pengabdian a.n bpk Sukarta.

Peran pemerintah dalam hal pengendalian harga ini sangat diperlukan yaitu dengan cara berani membeli hasil petani dengan harga yang wajar, membuka akses informasi tentang pasar, dan menjadikan kawasan Desa Mungsengan Kintamani sebgaia daerah agrowisata dan agropolitan. Hal ini menjadi beberapa solusi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negri Bali.

Diakhir acara Petani Kopi engutaraka harapan bahwa kegiatan ini berkelanjutan pada tahun berikutnya pada bidang yang lain, karena masih memerlukan bimbingan dan ilu mengenai pemasaran seperti apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan kopi kintamani ini. (diah)

Visi

Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Terdepan Penghasil Lulusan Profesional Berdaya saing Internasional Pada tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang dapat diakses secara merata dan berkesetaraan bagi masyarakat
  2. Menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi yang berkarakter kebangsaan dengan standar mutu nasional dan regional Asia-Pasifik
  3. Melaksanakan penelitian bertaraf internasional pada bidang keilmuan dan teknologi terapan
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada penerapan keilmuan dan teknologi
  5. Menyelenggarakan kerjasama di kawasan regional aspac
  6. Mengembangkan sistem tata kelola yang inovatif, transparan, dan akuntabel didukung oleh sumber-sumber daya yang bertaraf internasional
  7. Membangun keunggulan lembaga yang  berorientasi pada kepariwisataan